Minggu, 18 April 2010

NGAMPLOP 5000?

Akhirnya menulis lagi buat rumah kedua. Hiks…setelah 1 minggu off dari blog yang super sederhana ini. Maklumlah! Seminggu ini repot jadi seksi urusan orang lain persiapan pernikahan tetangga. Huwaaaaaaaaaa…..urusan orang lain di buat alasan ninggalin ngblog? Nggak banget ya? Tapi itulah kenyataanya. Nyampe rumah tinggal capeknya doang. Apalagi plus sesak nafas. Lengkap sudah kemalasan ngblog jadi bertambah. Paling poll nulis puisi atau sedikit curhat di rumah pertama.
Hiks….jadi terlupakan. Maaf ya rumah keduaku…..


Dan aku udah kembali (sambil jingkrak-jingkrak plus geleng-geleng kepala). Walaupun harus nulis lagi dengan batuk yang nggak sembuh-sembuh (atau mungkin belum sembuh ya?)
Ups….iya ada yang lupa. Dari acara pernikahan tetanggak kemarin ada yang sedikit buat aku merasa aneh. Seperti biasanya, kalo ada acara hajatan pasti nggak lengkap dengan budaya “Ngamplop”. Itu lo, ngasih uang sama yang punya hajatan buat bantu biaya hajatan.
Selama ini aku minim ngasih 20 ribu. Bahkan bisa lebih banyak dan sangat banyak. Apalgi kalo udah saudara dan sahabat.
Nah kebetulan sekali yang hajatan adalah pembantu yang nyci baju di rumah. Otomatis aku ngasih lebih lah. Dan pas udah kelar acara aku juga diajak buat ngitung uang yang terkumpul. Huwaaaaaaaa…..liat tumpukan amplop rasanya nggak kebayang kelarnya kapan. Dan pas lagi asyik buka-buka amplop. Glodag…..aku hampir pingsang liat jumlah dalam masing-masing amplo. Rata-rata 5000 rupiah. Huwaaaaaaaaaaaaaaaaa! Bahkan ada yang seribu atau 2000 rupiah. Ampun…..! waktu aku tanya ke tuan rumah dia cuma bilang, “tradisi tante”. Ada sih yang ngasih sedikit banyak tapi bisa dihitung tangan. Banyakan yang 5000! Mayoritas!!!

Hhhmmm……………sebuah tradisi yang aneh. Bukannya aku menilai semuanya dari uang. Tapi dari layak dan tidak layak. Pantaskah menghargai diri kita dengan angka 5000? Paling nggak 10 ribu la. Atau anggap kita beli makan di warung nasi. Atau ngak usah datang sekalian. Hiks……kok aku jadi emosi ya?
Aku nggak bisa komentar banyak dech sama kenyataan yang ada. Kalo emang sudah tradisi gimana lagi? Dan sumpah aku nggak akan pernah tega “ngamplop” 5000 kalo datang hajatan di tetangga sekitar rumah.
“Jangan banyak-banyak ngasihnya tante. Ntar kalo tante Ira punya hajatan terus cuma di balikin 5000 gimana”.
Bodoh amat. Kalo aku ngasih orang nggak pernah mengharap untuk kembali. Mau balikin 5000 kek, dua ribu kek atau bahkan satu sen atau mungkin nggak balikin sama sekali, aku nggak pernah berharap. Aku itu orangnya ikhlas. Narsis.com hihihihihihihi……
Udahlah…….nggak usah diperpanjang. Aku tetap menghargai sebuah tradisi dan sebuah kebiasaan. Walaupun aku nggak bisa mengikuti tradisi kayak gitu. 5000 rupiah gitu lo!
Hhhhmmmm…………….kayaknya mulai sekarang tetanggaku nggak perlu tau berapa jumlah uang yang ada dalam amplopku! Tradisi yang aneh. Aku cuma geleng-geleng kepala sambil senyum kecut. Oalah……ngamplop kok ya 5000!!!


7 komentar:

  1. Waah tau gini, nanti mau ngundang mbak Ira aahhh hihi...Undangannya sekaligus 5, buat Ira semua hehehe ^,^

    BalasHapus
  2. buat jaga2 tradisi "bales-balesan", biasanya aku milih ga tulis nama di amplop... eh, ternyata klop jg sama kebiasaan suami... Jadi kalo ke kawinan, absen aja deh biar ketahuan dtg... :D

    BalasHapus
  3. Dulu sih di daerahku emang masih ada yg ngamplop 5000 mbak. Tapi sekarang kayaknya udah gak 'tega' kalau ngasih 5000. Ibaratnya uang segitu cuma bsia baut beli nasinya aja... hehehe

    BalasHapus
  4. Kalau didesa malah 'sumbangan' lebih banyak lho mbak... soalnya suami dan istri nyumbang sendiri2. Kalau suami ngamplop, tapi istri2 ngasih kebutuhan rumah tangga spt : beras, gula, kepala, minyak goreng dll. Kebayang gak tuh... habisnya berapa..?
    Makanya di desa sumbangan spt itu dicatat dan akan 'dikembalikan' oleh si penerima sumbangan saat yg menyumbang punya hajat.
    Dulu temanku pas mengkhitankan anaknya dapat sumbangan 4lt minyak goreng dan 5kg gula, tapi saat itu minyak goreng 2lt harganya masih 9000-an dan gula masih 4000-an. Pas waktunya temanku 'ngembaliin' sumbangan, harga minyak goreng sudah 1800an dan gula sudah 7000-an.
    Jadinya.. tombok deh.... hahaha

    Upss sorry komennya kepanjangan....

    BalasHapus
  5. Kusapa malammu
    Dengan doa yang tak pernah kau bayangkan

    Kusapa sunyimu
    Dengan bahasa rindu
    Sahabatmu yang tak pernah menyaksikanmu
    Sepanjang dunia nyata

    BalasHapus
  6. kok tradisinya sama kayak di sekitar rumah ku, yach....

    BalasHapus
  7. wah tradisi itu juga masih ada di kampungku mba, malahan banyak...hehe, Salam kenal ya mba...

    BalasHapus