Senin, 15 Maret 2010

AKU ADALAH (MANTAN) PEROKOK

Sempat berpikir aku teruskan nggak ya tulisan ini? Karena dengan menulis catatan ini berarti aku akan sedikit membuka masa lalu yang buruk. Tapi kenapa kita nggak berani jujur jika memang kenyataannya kita punya masa lalu. Aku cuma berharap semoga suamiku nggak baca tulisan ini hehehehehe…bisa-bisa ada sidang istimewa dirumah ntar. Waduh…..tapi nggak masalah karena siapa tau bisa mengurangi bebanku sebagai seorang perempuan. Halah…………padahal nggak ada hubungannya. Whateverlah....

Pola hidup dan lingkungan pada masa lalu ku sekitar akhir tahun 90-an dan awal 2000-an membuatku akrab dengan namanya asap rokok walaupun hanya sebagai perokok pasif. Namun dari sebuah kebiasaan dan merasa berada dalam satu titik terbawah alias stress sebagai jiwa muda yang mencari jalan hidup aku memutuskan untuk menjadi perokok aktif dari kata awal coba-coba dari rokok “putihan”. Hmmmm buat yang pecinta rokok pasti akan ketawa dengan rokok pilihanku. Selain itu dengan ngrokok kesannya cool banget. Alasan yang aku pikir sekarang terlalu dipaksakan. Tapi jujur saja aku nggak pernah ngrokok di jalanan ataupun di hadapan khalayak umum. Paling pol dalam kamar atau pun dikalangan komunitas terbatas soalnya masih ngrasa aneh aja kalo ada orang asing yang ngliat aneh diriku. Cewek ngrokok!(hiks…sory aku nggak sebutkan komunitasnya takutnya kena undang-undang pencemaran nama baik. Halah……)
Kecanduanku terus menjadi pada rokok semakin menjadi ditambah lagi dengan secangir kopi. Pasangan yang tepat kan? Aku juga aneh kenapa ya rokok dan kopi itu saling berkaitan dan nggak bisa dipaksakan? Ada beberapa alasan sih. Setelah bongkar-bangkar literature aku baru sadar jika sebenarnya pola makanku  masih cukup masuk kategori sehat yaitu suka banget makan sayuran dan buah yang berserat. Dan ternyata sayuran, buah, susu dan minuman non kafein seperti air dan jus akan membuat rasa rokok di mulut menjadi tidak enak. Dan dengan mengimbangi rasa nggak enak ini bisa dinetralkan dengan kopi. (buat yang sudah berdiskusi dengan ku tentang kaitan rokok dan kopi pasti akan senyum-senyum sendiri hehehehehe). 

Aku dan rokok tidak bisa dipisahkan hampir mendekati angka 2 tahun walaupun tidak masuk dalam kategori kecanduan berat. Dan aku baru sadar dan benar-benar berhenti total saat secara tidak sengaja membaca rekam medis almarhum ayahku yang menjelaskan jka ayahku meninggal gara-gara rokok. Hampir separuh jantungnya tertutup nikotin. Aku sendiri tidak begitu paham dengan istilah-istilahnya. Dan dugggggg……………..kayak ada palu yang menhujam jantungku. Dan sumpah sejak hari itu aku berhenti total merokok dan alhamdulilah nggak ada kendala. Mungkin karena aku masih masuk kategori pemula. Dianggap nggak cool aku nggak peduli, dianggak nggak keren nggak masalah. Tanpa rokok pun ternyata aku tetep eksis dikomunitasku hehehehehehe. Aku tidak pernah menyesal memutuskan untuk merokok dan juga memutuskan untuk berhenti merokok. Karena itulah kehidupan…….

Dan buat kamu, perempuan-perempuan yang masih menyelipkan batang rokok di sela-sela bibirmu, aku nggak akan menyuruhmu berhenti buat merokok, Itu hak mu, itu pilihan kamu. Termasuk pada fatwa yang mengharaman rokok. Karena semua itu proses nggak ada yang bisa dipaksakan. Kalau seandainya diharamkan, pabrik rokok ditutup, berapa ribu pekerja perempuan yang dipecat? Berapa “upeti” yang terhenti pada pemerintah? Bukankah hidup itu pilihan? Dan aku sebagai seorang perempuan telah memilih untuk hidup sehat tanpa rokok tanpa peduli fatwa haram atau tidak haram. Karena kesehatan itu adalah pilihan hidup ku sebagai seorang perempuan. Dan aku serahkan pilihan padamu untuk terus merokok atau memutuskan berhenti merokok sekarang juga. Pilihan dari hati! Tapi entah kenapa sampai sekarang aku belum bisa menghentikan kebiasaanku untuk minumsecangkir kopi. Huwaduhhhhhhhhhhhhh………………….

Ups…ada titipan kutipan dari mbah Google tentang keuntunggan nggak merokok:
1. kamu bisa menghemat, tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk membeli rokok dan bisa membeli barang-barang lain yang diinginkan.
2. kamu akan menghirup lebih sedikit bakteri menghisap rokok sama dengan menghirup bakteri yang bisa membuat sakit.
3. kamu bisa lebih pintar karena terhindar dari kecanduan zat kimia rokok yang bisa merusak otak.
4. kamu akan memiliki gaya bercinta dan kemampuan seksual yang lebih baik karena aliran darah dan sirkulasinya yang lebih baik dan bersih.
5. kamu akan tidur lebih nyenyak dan lebih baik karena nikotin adalah zat yang bisa mengganggu produksi hormon tidur.
6. kamu bisa punya tulang yang lebih sehat dan kuat karena kepadatan mineral tulang tidak akan tercuri dan berkurang akibat rokok.
7. kamu akan terhindar dari penyakit psoriaris karena studi terkini menyebutkan ada hubungannya antara perokok dengan penyakit kulit psoriaris.
8. kamu akan merasa lebih hangat dan tidak kedinginan karena sirkulasi darah akan berjalan dengan lancar dan menghangatkan tubuh.
9. kamu yang memiliki penyakit AIDS tidak akan mengalami proses kemunduran daya tahan tubuh yang lebih cepat.
kamu akan terhindar dari semua penyakit kronis yang disebabkan rokok, terutama penyakit jantung yang punya risiko 4 kali lipat.
10. kamu bisa terhindar dari meninggal dunia karena tumor otak karena asap rokok yang masuk ke paru-paru bisa menyebar cepat ke dalam pembuluh darah di otak.
11. kamu bisa memiliki gigi yang lebih bersih dan sehat karena zat kimia dalam rokok tidak masuk lagi ke mulut dan tidak akan merusak gigi.
12. kamu akan memiliki keriput yang lebih sedikit karena rokok bisa merusak jaringan dan elastisitas kulit setelah 10 tahun.
13. kamu akan memiliki indera penciuman yang lebih baik dan mengonsumsi makanan dengan lebih nikmat.
14. kamu bisa punya rambut yang lebih kuat dan tidak akan cepat mengalami kebotakan.
15. kamu akan menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat dan produktif karena jarang sakit.
16. Anda akan terhindar dari stres karena tekanan keluarga dan orang-orang yang ingin kamu berhenti merokok.
17. kamu terhindar dari batuk dan bronkitis yang mengganggu.
18. kamu akan menyelamatkan bayi dan anak-anak yang tidak berdosa dari gangguan asap rokok.
19. kamu akan memiliki sperma yang lebih banyak dan sehat karena risiko sperma cacat akibat bahan kimia rokok akan berkurang.
20. kamu akan lebih dicintai pasangan, menjadi pencium yang baik dan kemungkinan dicampakkan berkurang karena kebanyakan wanita tidak suka bau asap rokok.
21.kamu akan menjadi contoh dan figur yang baik untuk teman yang ingin berhenti merokok.
22. kamu bisa bernafas lebih panjang karena karbonmonoksida dari rokok tidak akan masuk ke dalam darah dan membatasi jumlah oksigen untuk bernafas.
23. kamu bisa punya kemungkinan untuk hamil lebih besar karena terhindar dari kanker ovarium atau rusaknya sel-sel telur dan fungsi reproduktif wanita.
24. kamu punya risiko melahirkan anak cacat yang lebih rendah karena zat kimia dalam rokok bisa menyebabkan mutasi gen yang diturunkan pada anak.
25. kamu akan memiliki umur yang lebih panjang karena setiap satu batang rokok yang dihisap bisa mengurangi 11 menit kesempatan hidup.

Masih berpikir untuk merokok?

5 komentar:

  1. hehehe merokok ada pentingnya juga kok
    coba deh cek disini
    http://aaslamdunk.blogspot.com/2009/11/pentingnya-merokok.html
    hehehe

    BalasHapus
  2. merokok jelas tdk baik...... karena lebih banyak mudarotnya dari pada baiknya... hehheh.. tul ga mbk??
    Salam Kompak Dari Wannabe Blogger Bertuah, Pekanbaru Riau

    BalasHapus
  3. kalo aku sekarang berusaha mengurangi rokok tapi ..memang benar2 sulit

    BalasHapus
  4. tubuh itu kan titipan Tuhan...
    titipan Tuhan aja diracuni...

    gimana klo aq nitipin adikku yach...
    hehehe...
    :)

    BalasHapus