Sabtu, 27 Maret 2010

NAK......KAMU HARUS TANGGUNG JAWAB YA!

Dua hari ini pikiranku bener-bener sedang pusiiinggggg!!!! Bukan pusing karena tanggal tua. Tapi karena ada kabar menggelegar di siang hari!Ih….Raaaa…..Mulai lebay dech!
Awalnya sih tetangga sebelahku yang tiba-tiba masuk ke dalam rumah sambil tergopoh-gopoh.
“Tante……tante…..ada berita baru”. Aku cuma geleng-geleng kepala. Dasar emak-emak……! Sukanya gossip!
“Ada apa mba”
“Tante……A, anaknya mpok Ha@@@@@ hamil”
Ups….aku langsung kaget! Dan duduk manis alias lemes di atas kasur. Hihihihi….sekalian selonjor cari posisi PW.
Mpok H@@@@@ sudah deket banget sama aku. Maklumlah selain tetangga ia juga asisten yang bantu aku cuci baju setengah tahun ini. 

“Kok bisa to mbak….kan dia masih ujian UN”
“Piye to tante Ira iki…….hamil tanya kok bisa. Ya bisa dong….sudah empat bulan”
Dan dengan gaya-gaya emak-emak yang khas sangat ngrumpi, tetanggaku yang satu ini detail ceritanya sambil sesekali bilang, “Ini bukan gossip ya tante…..”
“Mpok H@@@@@ sudah tau”
“Belum tante…..tapi keluarga besarnya sudah tau semua. Cuma ibunya yang belum tau soalnya nggak ada yang tega ngasih taunya”

Ya…iyalah…siapa yang tega ngasih kabar ke seorang ibu kalau anak gadisnya yang masih ikut Ujian Nasional sudah hamil 4 bulan. Aku nggak tau gimana cara menyampaikannya.
“Mpok…sabar ya! Anak mpok udah hamil”, dengan gaya sabar sambil megang pundak. Atau dengan gaya to the point, “Mpok…anak mpok udah hampil 4 bulan. Enaknya diapain”, waduhh…..kalo ini lebih ekstrim. Hadoohhhhh…………aku nggak bisa ngabayangin kalo aku jadi Mpok H@@@@@.

“Tante Ira aja yang ngasih tau….biar enak”
Dipikir aku penyedap rasa apa! Hiks…gila! Aku langsung menolak tegas, siapa aku dikasih beban begitu berat. “Biar aja mbak…..biar diuruisi keluarganya. La…njenengan tahu dari siapa?”
Dengan entengnya tetanggaku ini jawab dari orang-orang kampung "Semua sudah tau kok Te…..tante aja yang telat!". Wadoh! Kalo seandainya kabar matinya Dulmatin aku telat baru aku mencak-mencak! Hiks…hiks…..

Heran aku…..anak gadis hamil kok malah jadi pembicaraan. Ibunya belum tau orang sekampung sudah pada ngomongin. Wadohhh….nggak habis pikir. Kenapa nggak di keep dulu dalam satu keluarga inti. Sebuah musibah harus segera diselesaikan bukan malah jadi omongan.
Walaupun kaget dan super kaget aku kasian banget sama A, tapi aku lebih kasian sama Mpok H. Setiap kali nyuci di rumah, dia sering cerita tentang mimpi-mimpinya. Mpok H lulusan SMP, sebetulnya dia pingin banget nerusin sekolah dan punya cita-cita jadi guru. Tapi karena masalah ekonomi, dia langsung dinikahkan setelah lulus SMP.

“Pokoknya tante…aku pingin banget A nanti bisa kuliah. Biar nggak jadi buruh nyuci kayak mak nya. Paling nggak ntar dia punya derajat yang lebih tinggi. Aku rela tante….nglakuin apa aja biar anak-anak bisa sekolah, biar pinter”
Pernah suatu hari setelah menerima gaji dari ku yang nggak seberapa, “Tante ……nggak ke pasar”
“Emang kenapa, Mpok”
“Mau ikut ada perlu…..mau ada yang dibeli”
Langsung aku anter saat juga dan ternyata minta anter ke toko mas. Dan aku nunggu dia.
“Beli apa Mpok”
“Beli cincin tante…..”
“Cie…uangnya banyak ya”
“Nggak tante…….uang dari tante aku belikan emas soalnya kalo dipegang pasti abis. Buat biaya A mau ujian UN. Terus siapa tau dia mau nglanjutin kuliah Kan ntarkalo  perlu tinggal di jual”
Degggg….aku malu banget! Padahal bayaran sebulan kadang-kadang cuma habis buat beli makanan di mall. Mpok H@@@@@ memang membuat aku banyak belajar. Hiks….

Kembali ke masalah hamil. Aku nggak bisa bayangkan kalo seandainya Mpok tau kejadian yang di alami anak gadisnya. Anak yang menjadi harapannya. Gimana rasa sakitnya dikhianati. Dan yang aku bayangkan adalah raut wajah Mpok yang berkeringat saat nyuci bajuku, lari-lari saat ujan turun. Keliling jualan buat nambah masukan biaya sekolah anaknya. Aku langsung nelongso………!
Dan pagi ini aku ketemu Mpok. Wajahnya pucat. Tanpa banyak bicara dia langsung ambil cucian kotor dan mengerjakan tugasnya. Tanpa mengatakan apa-apa. Pura-pura nggak tau itu yang terbaik pikirku.
“Mpok….kenapa kok diam aja. Sakit…..? kalo sakit nggak usah nyuci dulu. Ntar aja kalo udah agak enakan”
“Nggak apa-apa tante. Cuma sedikit pusing”
“Oh ya udah…….Jangan dipaksa ya Mpok”. Aku cepet-cepet menyingkir dan pura-pura nggak tau masalahnya. Tapi sempat liat matannya basah….Aku nggak sanggup liat. Hiks….jadi ingat almarhum ibuku.
Dan setelah nyuci, Mpok H@@@@@ segera menghampiriku aku sambil nanya, “Tante……kalo hamil terus punya anak masih boeh kuliah nggak”
Aku mengangguk tegas, “Pasti boleh mpok!. Kuliah itu nggak harus belum menikah kok. Emang kenapa Mpok”

Dia menggeleng sambil mengucapkan terimakasih dia langsung berjalan pulang dan langkahnya keliatan gontai.
Huwaaaaaaa…..aku pingin teriak-teriak rasanya. Kasian liat mpok yang selama ini jadi temenku cerita, temenku berbagi jika merasa sepi jadi dingin kayak patung lilin. Impiannya akhirnya terkubur. Ah….semoga sang A bisa meniru ketegaran sang Ibunya, walapun telah melakukan sesuatu yang salah! Belajar untuk tanggung jawab untuk menjadi seorang ibu. Nak….seharusnya kamu nggak kayak gitu! Ingat sama ibumu! Jaga kandunganmu ya! Kayak ibumu njaga kamu. Mpok...sabar ya!


4 komentar:

  1. Kasihan amat si Mpok..., sayang sekali semua kepercayaan pada anaknya telah dihancurkan sendiri oleh si anak.
    Semoga saja Mpok sabar menghadapi cobaan itu, mbak. Dan masih dapat meraih mimpinya menyekolahkan anaknya setinggi-tingginya. Amin.

    BalasHapus
  2. mbak, aku sedih banget bacanya, jadi ingat kisah hidupku, punya harapan tinggi untuk adikku, kerja banting tulang membiayai kuliahnya, dan dia mengecewakanku. aku berusaha banget untuk ikhlas, karena akhirnya adikku nggak bisa selesain kuliahnya. semoga anak nya si mpok bisa kuliah, agar kesedihan si mpok terobati.

    BalasHapus
  3. disekitar rumah ku juga banyak tuh yang kayak gtu.

    ibunya kuli cuci, anaknya gaya2an dan akhirnya MBA.

    aq sih orangnya egois, yang sering aq pikirin justru, "uda berapa banyak aq kecipratan dosa dari perbuatan para tetangga ku itu, di sekeliling rumah hampir semuanya uda pada MBA, belum termasuk yang kawin beda agama"

    hmm.... dosa sendiri aja susah nanggungnya, eh, para tetangga malah enak2an bagi-bagi dosa.....
    tuh orang2 gak tau apa klo zina tuh, tetangga juga kecipratan dosanya....

    tiap ada tetangga yang MBA, aq makin pusing deh mikirin dosa yang mesti dipikul....

    BalasHapus
  4. aduh, kasihan ya si mpok. tapi mau gimana lagi?

    BalasHapus