Selasa, 23 Maret 2010

JANGAN TANYA LAGI DONG! PLEASE!

Jujur ini adalah curhatan yang paling dalem dari seorang perempuan yang sudah menikah. Hiks….lebay banget Raa!

New Baby Myspace Comments

Aku suka kalo disuruh pulang kampung ke Banyuwangi terus silaturhami kesana kemari. Tapi ada satu pertanyaan yang sumpaaaaaaaaaaaaah buat aku capek jawabnya!
“Sudah untung berapa Raa?”. Aku sempat bingung, “Untung apa’an?”. Ups….ternyata kalimat lain pengganti, “Sudah punya anak berapa?”. Dulu awalnya aku langsung menjelaskan, “Aku sudah pernah hamil tapi setahun dua kali aku keguguran. Hamil pertama usia 3 bulan, tahun februari 2009 jatuh. Terus kehamilan kedua usia 3 minggu keguguran juga di bulan September 2009”.


Dan akhirnya pertanyaan terus berlanjut, kenapa kok bisa keguguran? Menyalahkan aku yang banyak tingkah? Menebak-nebak penyebab keguguran, tanya sakit nggak kalo keguguran, lebih sakit mana dari melahirkan. Pertanyaan aneh, kan aku belum pernah melahirkan kok ditanyain kayak gitu. Sampai ada yang Tanya berapa biaya kuret dan yang lebih ekstrim adalah menceritakan kasus seorang perempuan yang setelah keguguran yang nggak bisa punya anak! Ampunnnn……..tambah stress aku!!!!

Dan bisa dibayangkan berapa kali aku harus menjawab pertanyaan itu,karena aku mempunyai banyak kerabat dan juga sahabat. Saking capeknya njawab sampai ada rencana buat konfrensi pers kayak artis biar nggak usah mengajukan pertanyaan yang sama dan buat aku tambah pusiiiinggg!
Hingga akhirnya aku membuat keputusan bulat dan tepat. Kalo di tanya sudah punya anak berapa? langsung aku jawab, “Masih belum, doakan aja”. Sudah beres kan….aku cuma tinggal dengerin nasehat standart buat perempuan menikah dan belum juga hamil.

Siapa sih perempuan yang nggak pingin hamil, punya anak, punya keturunan. Tapi kelahiran adalah sebuah rahasia Tuhan, seperti halnya jodoh, rejeki dan kematian. Itu yang pernah di ajarkan guru agamaku dulu. Tapi terkadang hukum masyarakat terkadang membuat perempuan menjadi lebihh tertekan. Pasangan yang nggak punya anak pasti perempuan yang disalahkan. Mandul lah…..nggak subur lah….kebanyak tingkah lah…yang nggak bisa njaga kandungan lah….nasib-nasib menjadi seorang perempuan. Kenapa harus disalahkan?

Padahal belum tentu lo perempuan yang salah. Bisa jadi “kesuburan” suami yang dipertanyakan. Dan lebih enaknya mending keduanya sama-sama periksa ke dokter kandungan. Bukan untuk cari siapa yang salah, tapi cari solusinya. Bukankah kalau sudah diketahui penyebabnya lebih enak mengatasinya?. Sumpah…pemeriksaan pada perempuan lebih ribet karena aku juga mengalaminya, mulai test darah dengan jarum yang super besar untuk mengetahui virus yang bersarang, sampai transvaginal (USG dengan alat yang dimasukkan ke dalam rahim) untuk melihat apakah ada masalah dalam alat reproduksi. Sedangkan laki-laki, tinggal mengeluarkan sperma dan bawa ke lab. Sama sekali ngak ribet? Kalau anda tanya bagaimana cara mengeluarkan sperma, hmmmmm sepertinya anda lebih tau jawabannya.

Dan yang paling menyakitkan adalah saat beberapa orang menyalahkan diriku pada saat keguguran mengingat trackrecordku yang bener-bener banyak tingkah. Kalo ditanya gimana rasanya? Sakiiiittttttt ati banget. Sumpah…saat kehamilan pertama aku langsung bedrest total! Tanpa melakukan apa-apa termasuk masak dan beberes rumah. Bisa dibayangkan? Seorang Raa yang biasanya nggk bisa diam memilih untuk tidur 24 jam selama 3 bulan di atas kasur. Emang sih….cobaan berat tapi aku bisa walaupun vonis terakhir aku tetap harus kuret. Hiks…..kehamilan kedua aku semakin paranoid. Jangan bangun dari kasur, pindah posisi saat tidur pun aku bener-bener hati-hati banget! Dan teteap saja aku mengalami keguguran. Ya…mungkin masih belum saatnya.
Dan aku berusaha menghadapinya dengan sangat santai…..! apalagi masih menginjak satu setengah tahun pernikahan. Cuma pertanyaan yang sama terus aja diajukan……….! Sudah punya anak berapa? Aaarrrrggghhhhhh………………………!

New Baby Myspace Comments
Aku cuma mau usul buat siapapun yang punya saudara, kerabat, ataupun sahabat perempuan menikah dan belum punya anak jangan terlalu ribet ngurusinya dech! Apalagi tanya lebih detail kayak dokter kandungan! Sumpah bisa buat dia makin stress!!!
Semua harus percaya kalo anak pasti akan datang pada saat dan waktu yang tepat! Amiennnnn…….
Jadi…jangan tanya lagi dong! Please!

10 komentar:

  1. setuju pertanyaan2 seperti itu ga banyak membantu, malah nambahin stress dan beban di hati yang ditanyai. bener ga

    BalasHapus
  2. Banyak shadaqah! Semoga segera diberi momongan! Amin!

    BalasHapus
  3. Emang mbak.., pertanyaan2 spt kapan nikah, kapan punya anak dan kapan nambah anak... bisa-2 bikin stress.

    BalasHapus
  4. Semoga saja baby yg ditunggu2 segera hadir mbak. Amin...

    BalasHapus
  5. biasa.. orang2 tua suka ribettt!!
    kyk di iklan itu tuh
    masih pacaran ditanyain kapan kawin, uda kawin, ditanyain kpn pny anak, uda pny ank ditanyain kpn pny adik..
    kyk aku nih, suamiku sih seneng2 ae mau bikinin adik.. lha aku? ga sempet langsing donk... hehe

    BalasHapus
  6. makan kurma asli mekah mbak biar subur katanya... :-)

    BalasHapus
  7. hehehehe pertanyaan seperti itu pasti membuat tertekan yaa mbak. benar tuh kata a-chen, makan kurma deh denger-denger bisa subur :)

    BalasHapus
  8. sama juga dg pertanyaan kapan kawin ya? sabaar, sis

    BalasHapus
  9. Ga cuma itu aja ada jg yg ngomong judes "ga bisa bikin anak ya..." Kan buat semakin depresi... Tp yg pasti Allah SWT tau yg terbaik bt hambaNya .آمِيّنْ آمِّيْنَ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ... Jd yg sabar ya para bunda yg blm pny baby...

    BalasHapus
  10. pernah ngalamin banget 2x keguguran dan pertanyaan2 udah hamil belum. saking sering ditanyain macem itu jadi udh kebal..cuek aja..diem dan tetep berdoa. Klo udh waktunya hamil pasti jg hamil..Tuhan tau waktu yg terbaik

    BalasHapus